tag:blogger.com,1999:blog-72083785672754617742024-03-13T09:08:51.812-07:00Artikel Tentang E-Commercepostingan belajarhttp://www.blogger.com/profile/06711156843860157529noreply@blogger.comBlogger3125tag:blogger.com,1999:blog-7208378567275461774.post-74522812002444598712012-04-16T13:05:00.003-07:002012-04-20T03:16:11.845-07:00Tugas Artikel E-commerceNAMA: M.IRFAN IBRAHIM<br />
KELAS: 20-1.13<br />
NM : 20110056<br />
<br />
Sejak dulu perdagangan sudah di kenal oleh manusia, mereka bertransaksi secara manual ketika mereka membutuhkan barang-barang yang mereka butuhkan untuk keperluan pribadi maupun umum dengan cara yang begitu merepotkan dan membuang waktu saja. Sejalan dengan berkembangnya manusia cara perdagangan kian berubah pesat, sarana untuk perdagangan pun semakin canggih dan mempermudah cara perberdagangnya maupun penggunaannya. perdagangan automatis inilah e-commerce? Apa itu e-commerce di bawah ini adalah pembahasannya:<br />
<br />
<br />
1. PENGERTIAN E – COMMERCE<br />
Pengertian e – commerce dapat di tinjau dari singkatan e - commerce itu sendiri yaitu electronic commerce jadi sudah sangat jelas bahwa pengertian e-commerce adalah perdangan elektronik. E-commerce dapat di definisikan sebagai segala bentuk proses transaksi perdagangan atau jasa dengan menggunakan media elektronik dan memanfaatkan jaringan komputer yaitu internet.<br />
<br />
<br />
2. KARAKTERISTIK E_COMMERCE<br />
E- commerce berbeda dengan perdangan biasa, e- commerce memiliki karakteristik yang sangat khusus, yaitu:<br />
<br />
- Transaksi tanpa batas<br />
Dengan jaringan internet penggusaha dapat memasarkan produknya secara internasional cukup dengan membuat situs web dan memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas (24jam) dan pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara on line.<br />
<br />
- Transaksi Anonim<br />
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, yang biasanya dengan kartu kredit.<br />
<a name='more'></a><br />
<br />
- Produk barang tak berwujud<br />
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commercen dengan menawarkan barang tak berwujud separti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.<br />
<br />
<br />
<br />
3. APLIKASI UMUM E-COMMERCE<br />
<br />
a. Content Management Systems<br />
b. Dokumen, spreadsheet, database<br />
c. Akunting dan sistem keuangan<br />
d. Informasi pengiriman dan pemesanan<br />
e. Pelaporan informasi dari klien dan enterprise<br />
f. Sistem pembayaran domestik dan internasional<br />
g. Newsgroup<br />
h. On-line Shopping<br />
i. Conferencing<br />
j. Online Banking<br />
k. E-mail dan Messaging<br />
<br />
<br />
4. KEUNGGGULAN E-COMMERCE<br />
- Memungkinkan pelanggan untuk berbelanja ataupun melakukan transaksi lain tanpa batas selama 24 jam.<br />
- Memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan<br />
- Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggu.<br />
<br />
<br />
5. KEKURANGAN E-COMMERCE<br />
- Barang yang di jual tidak semuanya di tampilkan<br />
- Tampilan produknya kurang jelas.<br />
- Pengiriman barang yang lama<br />
- Vendor-vendor kemungkinan perlu server web yang khusus serta infrastruktur lainnya, selain server jaringan.<br />
- Ada kekurangan sistem keamanan, kehandalan, standar, dan beberapa protokol komunikasi.<br />
<br />
<br />
<br />
6. MANFAAT E-COMMERCE <br />
- Konsumen tidak perlu repot – repot keluar rumah untuk berbelanja<br />
- Memberikan kesempatan untuk mendapatkan produk terbaik dari berbagai pilihan.<br />
- Memberikan kesempatan konsumen yang berada di belahan dunia manapun untuk dapat menggunakan sebuah produk/service yang dihasilkan dari belahan dunia yang berbeda dan melakukan transaksi dan meraih informasi dari pihak pertama sepanjang tahun.postingan belajarhttp://www.blogger.com/profile/06711156843860157529noreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-7208378567275461774.post-5183865320053193392012-04-14T04:19:00.002-07:002012-04-14T04:25:58.251-07:00Sejarah E-commerce di duniaNama: Muhamad Zen Firdaus<br />
Kelas : 20.1.A<br />
NIM : 20110065<br />
<br />
Sejarah perkembangan E-commerce di dunia di mulai dari kemunculan internet yang kemudian terus berkembang sehingga timbulah E-commerce. Pada awalnya, internet merupakan koperasi komputer yang tidak dimiliki siapapun. Internet lahir pada tahun 1969 ketika sebuah kelompok peneliti di Departemen Pertahanan Amerika berhubungan dengan empat komputer di UCLA, Stanford Research Institute, Universitas Utah, dan Universitas California di Santa Barbara. Hubungan ini dilakukan untuk menciptakan sebuah jaringan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain mengenai proyek-proyek pemerintah. Jaringan ini dikenal dengan istilah ARPAnet-ARPA lebih jelasnya Advanced Research Project Agency yang merupakan bagian dari Departemen Keamanan AS. Tiga tahun kemudian, lebih dari lima puluh universitas dan agensi-agensi militer telah terhubung bersama-sama dalam jaringan (network), dan jaringan komputer yang lain mulai muncul di sekitar negara bagian (country) dan dunia. Seiring dengan perkembangan ARPAnet, yang diikuti pula dengan kerjasama jaringan antara militer dan kaum pendidik, dan eksperimen NASA mengenai jaringan komputer, jaringan ini mulai terhubungkan satu dengan yang lain (interconnected), inilah awal mula "Internet".<br />
Sejarah Singkat dan definisi ecommerce :<br />
<br />
Perkembangan Teknologi Informasi telah berhasil menciptakan infrastruktur informasi baru. Internet memiliki beberapa daya tarik dan keunggulan bagi para konsumen maupun organisasi, misalnya dalam hal kenyamanan, kecepatan data, akses 24 jam sehari, efisiensi, alternatif ruang dan pilihan yang tanpa batas, personalisasi, sumber informasi dan teknologi yang potensial dan lain lainnya.<br />
Dalam konteks bisnis, internet membawa dampak transformasional yang menciptakan paradigma baru dalam dunia bisnis berupa ‘Digital Marketing’<br />
Pada awal penerapan electronic commerce yang bermula di awal tahun 1970-an dengan adanya inovasi semacam Electronic fund Transfer(EFT). Saat itu penerapan sistem ini masih sangat terbatas pada perusahaan berskala besar, lembaga keuangan pemerintah dan beberapa perusahaan menengah kebawah yang nekat, kemudian berkembang hingga muncullah yang dinamakan EDI ( Electronic Data Interchange). Bermula dari transaksi keuangan ke pemprosesan transaksi lainnya yang membuat perusahaan-perusahaan lain ikut serta, mulai dari lembaga-lembaga keuangan hingga ke manufacturing, ritel, jasa dan lainnya. Kemudian terus berkembang aplikasi-aplikasi lain yang memiliki jangkauan dari trading saham sampai ke sistem reservasi perjalanan. Pada waktu itu sistem tersebut dikenal sebagai aplikasi telekomunikasi.<br />
<a name='more'></a><br />
Definisi Electronic Commerce :<br />
Electronic commerce merupakan konsep dari pemasaran global yang di gambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada dunia online atau pertukaran informasi melalui jaringan informasi internet(Turban, Lee, King, Chung, 2000).<br />
Sebagai contoh, pada proses membeli buku di amazon.com, bukanlah murni e-Commerce, sebab saat pesanan ini dilakukan via online, buku tersebut dikirim pada pemesan dengan melalui perusahaan pengiriman barang seperti FedEx, akan tetapi membeli software di Grisoft merupakan e-Commerce murni, karena pengiriman, pembayaran, dan perantara perdagangan semuanya dilakukan dalam sistem digital. Memang aktivitas bisnis selalu membutuhkan tempat, maka aplikasi e-Commerce dibangun dengan infrastruktur teknologi yang ada seperti Web Server Hosting, Domain Name, Koneksi Internet, Web Progamming, Database MySQL, dan lain-lainnya.<br />
Bila banyak orang diantara kita memandang e-Commerce itu hanya sekedar situs Web belaka, padahal yang sesungguhnya lebih luas dari itu.<br />
Karakteristik Utama E-Commerce:<br />
<br />
1. Terjadinya transaksi antara dua belah pihak<br />
2. Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi<br />
3. Internet merupakan mediium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.<br />
<br />
E-commerce terbagi atas dua segmen yaitu<br />
-Business to business e- commerce (perdagangan antar pelaku usaha)<br />
-Business to consumer e-commerce (perdagangan antar pelaku usaha dengan konsumen <br />
<br />
Generasi :<br />
-Internet sebagai media promosi perusahaan melalui situs web atau brosur elektronis.<br />
-Pengguna telah dapat melakukan pemesanan produk melalui internet (aplikasi E-Commerce). Namun deal-nya tetap membutuhkan manusia sebagai decision maker.Contoh: Bhinneka.com<br />
-Layanan informasi yang terintegrasi, secara otomatis tanpa intervensi manusia. Content juga bersifat personalized sesuai keinginan pengguna.<br />
Informasi diakses menggunakan bermacam media, misalnya seluler (handphone).<br />
Peluang & Solusi<br />
<br />
Kelemahan E-Commerce<br />
-Isu security<br />
-Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan intelektual, akses ilegal ke system informasi (hacking) perusakan web site sampai dengan pencurian data.<br />
-Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan,<br />
-Ketidaktepatan waktu pengiriman barang<br />
-No cash payment.<br />
-Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi perkembangan e-commerce.<br />
-Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.<br />
• Meskipun banyak hambatan, e-commerce tidak dapat dihindari karena merupakan tuntutan dari masyarakat<br />
* Masih banyak peluang dalam e-commerce<br />
* Masih banyak hambatan. Namun hambatan bisa diubah menjadi peluangpostingan belajarhttp://www.blogger.com/profile/06711156843860157529noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7208378567275461774.post-43883551860086217552012-04-12T05:22:00.003-07:002012-04-14T04:20:19.573-07:00Pengertian E-COMMERCENama: Brian.Sandy.Pramushy<br />
Kelas: 20.1.A<br />
NIM: 20110090<br />
<br />
Perdagangan elektronik ( e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, ataujaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.<br />
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.<br />
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.<br />
<br />
<br />
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.<br />
<br />
<br />
Istilah “perdagangan elektronik” telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.<br />
<br />
<br />
Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat “perdagangan web” — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.<br />
<br />
<br />
Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.<br />
<br />
<a name='more'></a></li><br />
<br />
<br />
Manfaat E-Commerce :<br />
<br />
· Revenue stream baru · Market exposure, melebarkan jangkauan · Menurunkan biaya · Memperpendek waktu product cycle · Meningkatkan customer loyality · Meningkatkan value chainFaktor kunci sukses dalam e-commerce<br />
<ul><li>Menyediakan harga kompetitif </li>
<li>Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah. </li>
<li>Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas. </li>
<li>Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon. </li>
<li>Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian. </li>
<li>Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain. </li>
<li>Mempermudah kegiatan perdagangan </li>
</ul><br />
Masalah e-commerce :<br />
<br />
<div>Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan. <br />
Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini. <br />
<ul><li>Aplikasi bisnis</li>
<li>E-mail dan Messaging </li>
<li>Content Management Systems </li>
<li>Dokumen, spreadsheet, database </li>
<li>Akunting dan sistem keuangan </li>
<li>Informasi pengiriman dan pemesanan </li>
<li>Pelaporan informasi dari klien dan enterprise </li>
<li>Sistem pembayaran domestik dan internasional </li>
<li>Newsgroup </li>
<li>On-line Shopping </li>
<li>Conferencing </li>
<li>Online Banking<br />
</ul></div>postingan belajarhttp://www.blogger.com/profile/06711156843860157529noreply@blogger.com1